Selamat Datang di Notebook Sharie

Rabu, 18 Januari 2017

[Blogtour & Giveaway] Puzzle of Lies - Kim Eun Jeong


Judul Buku: Puzzle of Lies
Penulis: Kim Eun Jeong
Penerjemah: Putu Pramania Adnyana
Penyunting: Selsa Chintya
Penerbit: Penerbit Haru
Terbit: November 2016
Tebal: 580 hlm; 20 cm
ISBN: 978-602-7742-61-1

BLURB

Namaku Jo Yun Geon, seorang pengacara.
Beberapa hari yang lalu, Mi Hyang, temanku saat kuliah tiba-tiba menelepon ke kantor biro hukum tempatku bekerja. Dia adalah seorang hakim dan hubungan kami sedikit rumit.
"Aku ingin kau menjadi wali." kata Min Hyang
"Namanya Dan Tae, anak laki-laki, usia sembilan tahun."
Sialnya, aku tidak bisa menolak saat tiba-tiba anak laki-laki itu datang ke apartemenku dan harus tinggal denganku.
Selesailah sudah kehidupan single-ku  yang bebas.

REVIEW

"Memangnya keadilan dan kebenaran itu penting kalau menyangkut harta warisan? Satu-satunya yang penting hanyalah tanda tangan asli dari pemilik harta yang sudah hampir mati itu."
 -  Yun Geon (hal. 5)

Puzzle of Lies menceritakan tentang kehidupan seorang pengacara, Jo Yun Geon, yang khusus menangani masalah harta warisan. Yun Geon menangani seorang klien yang sangat "aneh". Bapak tua yang menjadi kliennya itu, meminta Yun Geon mengawasi tempat tinggalnya. Dia sangat mengkhawatirkan keselamatan dirinya dari ancaman dari anak-anaknya yang ingin mendapatkan harta warisan. Tawaran fee 5% dari seluruh harta yang dimilikinya, membuat Yun Geon menerima pekerjaan sebagai pengacara sekaligus mata-mata bapak tua itu.

Kehidupan Yun Geon semakin jungkir balik, saat Mi Hyang, teman semasa kuliahnya dulu, menunjuk dirinya sebagai wali dari Ahn Dan Tae, seorang anak berusia sembilan tahun.  Anak yang masih duduk di kelas 3 SD itu, adalah pelapor dari kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang instruktur di kantor pelayanan masyarakat.

Yun Geon yang biasa hidup sendiri dan bebas, merasa terganggu dengan kehadiran Dan Tae yang seperti tamu tak diundang itu. Keadaannya diperparah oleh kepolosan dan keingintahuan Dan Tae yang sering membuat Yun Geon kesal. 

"Menjadi wali itu mudah tapi sulit... kau akan banyak belajar." - Mi Hyang (hal. 28)

Seperti judulnya, Puzzle of Lies, novel ini seakan membuatku menyusun beberapa potongan puzzle menjadi "sesuatu" yang utuh. Penulis memberikan teka-teki dari dua kasus yang ditangani oleh Yun Geon. Aku dibuat penasaran, sehingga di setiap halamannya aku selalu menunggu kejutan apa lagi yang diberikan oleh penulis asal Korea ini.

Novel ini juga menceritakan tentang proses pembelajaran seorang Yun Geon. Kehidupan masa kecilnya yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya, karna dia tinggal di Panti, tak membuat dirinya patah semangat mencapai cita-citanya menjadi seorang pengacara. 

Menurutku tema novel ini sangat komplit. Banyak masalah sosial yang dibahas di novel setebal 580 halaman ini. Selain membahas tentang masalah harta warisan dan pelecehan seksual yang relevan di kehidupan masyarakat saat ini, di novel ini juga menceritakan tentang sikap tulus yang diberikan oleh seorang Bapak kepada anaknya, walaupun anak tersebut bukan anak kandungnya. 

"Anak itu selalu memberikan kekuatan kepadaku. Dia adalah alasanku hidup dan berada di dunia ini. Segalanya bagiku." - So Ni (hal. 407)

Novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama tokoh utamanya, yaitu Yun Geon. Sehingga pembaca dapat mengetahui semua yang dipikirkan dan dirasakan oleh Yun Geon. Aku kadang dibuat sebel dan baper sekaligus. 

Semua tokoh yang ada di novel ini mempunyai karakter yang sangat kuat dan unik. Walaupun tokoh-tokoh yang muncul di novel ini cukup banyak, namun mereka semua mempunyai porsi yang "pas" dan sangat mempengaruhi keutuhan cerita, tidak asal tempel saja.

Tokoh yang aku suka, awalnya aku gak mau mengakuinya, adalah Yun Geon. Jujur aku memang sejak awal sebel banget dengan tokoh Yun Geon ini. Maklum, penulis membuat tokoh utamanya ini mempunyai karakter yang menjengkelkan, cowok sok populer dan tengil. Apalagi saat dia dengan gampangnya menyakiti Eun Je. Untunglah Yun Geon belajar dari masa lalunya dan sedikit merubah "kebisaan jelek"nya itu, tanpa merubah karakter asli dirinya. Dan ini membuatku menyukai tokoh ini.

"Karena dia tidak percaya lagi dengan cinta karena dirimu."- Mi Hyang (hal. 96)

Ada bagian dari novel ini yang membuatku tertawa. Ngakak se-ngakaknya, sampai nyukurin Yun Geon. Hahaha... Bagian yang lucu dan surprise itu adalah pada dini hari, saat Yun Geon sedang mencari aspirin di dapur, dia menemukan Dan Tae sedang berdiri kaku sambil memegang gelas. 

"...Saat itulah aku sadar bahwa indra penciumanku lebih lambat daripada gerak motorikku. Ketika aroma amonia yang asam itu memenuhi lubang hidungku, cairan tersebut sudah mendekati kerongkonganku..." -  Yun Geon (hal. 35)

Jujur, aku nggak habis pikir penulis bisa menemukan ide kocak itu. Tingkah laku Dan Tae yang polos itu membuat Yun Geon jengkel setengah mati, bahkan sampai ingin menghabisinya. Kejadian itu juga yang membuat Yun Geon parno setiap kali dirinya ingin minum dari gelas, sehingga dia menandakan gelas tersebut dengan tanda "X". Tapi, Dan Tae malah mengganggapnya sebagai tanda persahabatan seperti di komik One Piece.

"Tanda itu adalah bukti bahwa tokoh-tokoh itu saling mengingat satu sama lain. Mereka akan saling bersikap tulus dan mengingat selamanya." - Dan Tae (hal. 105)

Banyak hikmah yang dapat diambil dari novel ini, tentang pilihan, penerimaan dengan tulus, perubahan menjadi lebih baik, melindungi dan bahkan kepedulian terhadap anak-anak agar tidak terjadi kasus pelecehan seksual yang sekarang banyak dialami.

"... Katanya, kebahagiaan terbesar di dunia ini adalah bisa merasa bahagia bersama orang yang kita cintai." - Dan Tae (hal. 218)


"Aku sangat mencintai... dan sangat menyakitinya..." - Myeong Su (hal. 544)

Aku rekomendasikan novel Puzzle of Lies untuk kamu yang suka romance yang nggak menye-menye, terutama yang suka sekali menonton drakor dan segala yang bertemakan kehidupan masyarakat di Korea.  

"Tidak perlu dimulai dari awal. Bagaimana kalau melanjutkan saja dari saat-saat yang terakhir?"
 - In Yeong (hal. 202)






GIVEAWAY TIME!


Halooo... sebelumnya aku mau ucapkan "Selamat Ulang Tahun yang ke-6" untuk Penerbit Haru. Ternyata ultah kita barengan ya. Semoga makin banyak buku-buku kece yang diterbitkan dan makin banyak blogtour & giveaway-nya. Dan jangan kapok ngajak aku jadi hostnya. *winked
Oke, berhubung blogtour ini berlangsung bertepatan dengan Ultah Haru #Haru6ig, jadi pertanyaan kali ini tentang Haru ya. Ada satu eksemplar novel Puzzle of Lies yang akan dihadiahkan oleh Penerbit Haru di blog ini untuk kamu yang beruntung.

Cek rules berikut ini:
  • Mempunyai alamat pengiriman di Indonesia
  • Follow akun twitter @penerbitharu dan @nAshari3 
  • Follow akun instagram @penerbitharu dan like FP Penerbit Haru
  • Follow blog ini via GFC, Google+ atau email (pilih salah satu saja)
  • Share info blogtour & giveaway ini dengan hastag #PuzzleofLies dan #Haru6ig
  • Pertanyaannya adalah 
Pernahkah kamu membaca buku dari kategori K-Iyagi Haru? Bila pernah, buku apa yang paling berkesan untukmu? Bila belum, apa yang kamu harapkan dari buku Puzzle of Lies ini setelah membaca review di atas?
  • Tulis di kolom komentar jawabanmu beserta nama, akun twitter/instagram, dan domisilimu. Jangan lupa ucapkan selama ulang tahun buat Haru.
  • Blogtour & giveaway ini akan aku tutup pada hari Minggu, tgl 22 Januari 2017 hingga pukul 23.55 WIB
  • Pemenang akan kuumumkan secepatnya di twitter dan blog.
  • Oh ya, blogtour kali ini serentak di lima blog. Kamu bisa ikutan di empat blog lainnya selain blog ini. Silahkan intip-intip blognya kak Gea , Tya , Gita dan Nay
Good Luck.



Submitted For:

Kategori Asian Literature
Kategori: Buku Cetak

19 komentar:

Dwi Nanoki mengatakan...

Pertama mau ngucapin selama ulang tahun buat Haru sukses selalu dan semoga makin banyak buku-buku yang terbit dan makin variatif ^^

Belum ada kesempatan buat baca buku dari kategori K-Iyagi Haru, jadi mau banget baca Puzzle of Lies ini. Harapannya semoga banyak bromance antara Dan Tae dan Yun Geon, serta moment-moment lucu lainnya, dan yang terpenting bagaimana kelanjutan hubungan Dan Tae dan Yun Geon selanjutnya, itu.
Terima kasih kak Ratna, blogtournya menarik :D

Dwi
Twitter : @dnanoki
Ig : @dnanoki
Domisili : Jakarta Barat

Unknown mengatakan...

Nama: Kiki Suarni
Twitter: @Kimol12
Domisili: Batubara- Sumut

Novel K-Iyagi dari HARU yang paling berkesan buatku adalah Novel So, I married The Antifan karya Kim Eun Jeong.

Kenapa?

Karena So, I Married The Antifan adalah novel perdana yang aku punya dari penerbit haru. Novel tersebut sekaligus menjadi jembatan pertamaku berkenalan dengan novel-novel Asia dari HARU. Dan yang membuat novel itu makin berkesan selain karena ceritanya ringan dan menghibur, novel tersebut juga novel perdana yang aku menangkan melalui Giveaway Haru. Itu rasanya bahagia banget dapat hadiah novel kece dengan cover baru juga. Dan novel So, I Married The Antifan juga menjadi pelecut semangat buat ngikuti giveaway penerbit haru lainnya, salah satunya giveaway Puzzle Of Lies ini.

Saya senang sekali membaca novel terbitan HARU GROUP. Karena terjemahannya yang enak dibaca juga bisa mengenal novel-novel penulis Asia.

Happy Birthday HARU ke 6. Semoga panjang umur dan makin sukses. Tambah kece dan semakin menginspirasi.

Harapanku buat penerbit haru terus konsisten menerbitkan novel-novel Asia dan semoga lebih banyak gendre yang disajikan.

Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Nama : Rani Widiyansyah
Twitter : @raniwidiyansyah
Domisili : Bandung


Pernah baca K-iyagi? Pernah.

K-iyagi paling berkesan? Cheeky Romance.

Kenapa bisa jadi paling berkesan, karena Cheeky Romance ini adalah novel pertama dan satu-satunya novel yang aku pernah baca yang tokoh utama cowoknya itu dokter kandungan. Novel ini jadi punya kesan unik karena profesi tokohnya, belum lagi pak dokter kandungan ini di pasangkan sama wartawan yang kelakuannya gokil. Kocak banget deh, apalagi pertemuan pertama mereka yang absurd nan lucu, nempel di kepala banget jadinya. Dan, di novel ini juga banyak banget medis tentang kandungan, jadi bisa sekalian belajar gitu. Intinya, ini novel favorit dan paling berkesan K-iyagi ku dari Kim Eun Jeong. Mungkin bisa digeser sama Puzzle Of Lies yang sama-sama dari Kim Eun Jeong juga, kalo ada kesempatan baca *kode-kode wakakaka*


Dan, buat Penerbit Haru, selamat ulang tahun yang ke-6 ya! Sukses terus, maju terus, berkarya terus! Semoga kita bisa menua bareng ya, tetap jadi penerbit buku paling asik dan semoga semakin banyak orang yang terkena Haru Syndrome.

Sekian.

Bety Kusumawardhani mengatakan...

Nama: Bety Kusumawardhani
Akun twitter/IG: @bety_19930114
Domisili: Surakarta

Aku sudah sering baca buku-buku penerbit Haru tapi belum pernah baca K-Iyagi. Aku berharap Puzzle of Lies tidak mengecewakan dan bisa membuatku jatuh hati sampai ketagihan dengan novel terjemahan Korea karena jujur ketika aku membaca novel yg bertema Korea, aku sangat sulit membedakan tokoh-tokohnya dan susah mengingat nama tokohnya. Aku juga berharap di novel ini banyak humor yg menghibur, menemukan sesuatu yg tak terduga, ending maupun alur ceritanya mudah dipahami tetapi tidak mudah ditebak dan bahasa terjemahannya tidak ambigu. Semoga novel Puzzle of lies menjadi novel terjemahan korea pertama yg aku punya dan baca.

Selamat ulang tahun Haru! Semoga tetep eksis dan selalu menjadi penerbit terbaik di hati para pembaca. ��

Riza Putri Cahyani mengatakan...

Nama : Riza Putri Cahyani
Twitter : @Zhaa_Riza23
Domisili : Bogor

Jawaban :
K- iyagi yang paling berkesan adalah Cheeky Romance. Soalnya profesi yg dipasangkan dalam novel ini tuh unik yaitu reporter dan dokter kandungan. Berawal dari kesalahpahaman pas si dokter yg marahain reporter karena makan makanan yg gak baik buat ibu hamil wkwkwkwkwkwk. Selain itu banyak informasi yg kita dapatkan tentang kesehatan terutama kehamilan. Novel ini juga bercerita tentang keluarga Yoo Chae yang punya berbagai masalah. Dan perbedaan sifat Yoon Pyo dan Yoo Chae juga bikin pembaca senyum-senyum. Pokoknya komplit deh ceritanya.

Buat penerbit haru saengil chukkae hamnida, semoga makin sukses makin jaya dan makin banyak ya nerbitin novel asia terjemahannya terutama korea...

Unknown mengatakan...

Nama :Dini Auliana Putri
Twitter :@Dini_Auliana28
Domisili :Lampung Tengah

So I Married The Anti-fan adalah novel K-iyagi pertama yg aku baca. Kisah tentang seorang artis terkenal se-Korea yg disandingkan dengan anti-fan nya dalam sebuah variety show.
Berhubung ini novel terjemahan pertama yg aku baca dan cara mendapatkannya pun enggak mudah, novel ini benar-benar berkesan dan meninggalkan kenangan mendalam dalam setiap lembar yg aku baca. Walaupun bahasanya agak sedikit kaku(menurut aku)tapi sejauh ini film korea yg aku tonton dalam versi bahasa Indonesia memang bahasanya formal. Dan itu tidak mengurangi kenikmatan dalam membaca. Ditambah novel ini sudah difilmkan ya? Berhubung aku juga belum nonton hehehe.
Pertengkaran dan adu pendapat yg sangat seru antara Hu Joon dan Geun Yong dalam novel ini tidak membosankan. Dibuat semenarik mungkin. Aku jadi banyak belajar nama-nama makanan, nama tempat dari novel ini.
Satu hal yg aku tangkap dari novel ini, bahwa kita hidup didunia modern. Komentar buruk sedikit saja bisa menjadi viral, apalagi menghina secara terang-terangan. So, lebih bijak untuk tidak turut mengomentari kehidupan orang lain. Karena apa yg kita lihat, belum tentu seperti apa yg mereka rasakan.

Selamat ulang tahun yg ke-6 untuk Penerbit Haru. Semoga bisa berbenah untuk semakin eksis dalam dunia penerbitan dan menyajikan novel-novel yg berkualitas. Untuk Ayam Haru, semoga tetap semangat menyebarkan 'Syndrom Haru'.

Rima mengatakan...

Nama: Rimadian Ulfa Y
Twitter: @AdinRim
Domisili: Temanggung, Jateng

Happy Birthday Penerbit Haru.. Wish You All The Best.. Hehe.. Moga-moga makin jaya dan terus nerbitin novel-novel berkualitas yang best-seller sepanjang masa. Aamiin..

Untuk K-iyagi, jujur saya belum pernah baca sama sekali. Alasannya dari awal belum terlalu tahu soal novel-novel dari Korea sih. Maka dari itu, yang saya harapin dari Puzzle of Lies adalah membuat saya benar-benar menyukai novel terjemahan Korea, terutama dengan covernya yg dari awal udah menarik plus sekilas jalan cerita yg sepertinya sama sekali nggak monoton. Plus satu lagi yaitu untuk pertama kalinya saya jatuh cinta sama cover novel *for the first sight* ya sama novel ini. Makanya, wish me luck...

nurina mengatakan...

Nama :Nur Inayani
Twitter :@shikshincloud
Domisili :Bogor

Selamat ulang tahun yang keenam Haru~~ Semoga terus mengeluarkan buku-buku bacaan yang menarik dan berkualitas^^

Saya mengenal Haru memang dari K-Iyagi nya, saya suka hampir semua K-Iyagi yang diterbitkan oleh Haru. Ceritanya menarik dan bahasa terjemahannya juga tidak kaku. K-Iyagi favorit dan yang paling berkesan buat saya, hm.. agak sulit memilih antara semua K-Iyagi tapi jika dipersempit pilihannya After D-100 dan Cheeky romance saya lebih pilih cheeky romance.


Cheeky romance punya cerita yang ringan dan menarik tentang dokter kandungan dan reporter TV yang bertemu awalnya karena kesalahpahaman. Selain karena ceritanya yang menarik dan juga manis, saya juga dapat beberapa pengetahuan baru dari novel tersebut yaitu tentang pentingnya memperhatikan kesehatan organ wanita dan cara pertolongan pertama CPR. Jadi membaca buku dari Haru tidak hanya dapat cerita menarik untuk mengisi waktu tapi juga untuk mengisi pengetahuan kita ^^

Sekali lagi selamat ulang tahun haru~~



Anonim mengatakan...

Nama : Fita
Twitter : @fitania09
Domisili : Malang

Happy Birthday untuk Haru, moga selalu panjang umur dan senantiasa memberikan novel-novel yang menarik & berkualitas. Semoga juga buku terbitan Haru selalu laris manis di toko-toko buku ����

Pertama punya novel K-Iyagi dari Haru itu berjudul Love With A Witch. Buku ini langsung berkesan banget pas pertama liat reviewnya di salah satu blog yang lagi ngadain GA novel ini. Ceritanya gak jauh-jauh sama romansa ala-ala negeri Ginseng tp karena tokoh wanita di dalam novel ini dijuluki si penyihir jadinya ada semacam ramuan-ramuan ajaib yang resepnya sangat menginspirasi diriku.

wulan amburadul mengatakan...

Nama : Wulan
Twitter : @wullandshawolls
Domisili : Bandung

Selamat ulang tahun Haru, tambah keren, tambah seru, tambah banyak novel K-Iyaginya.

Novel K-Iyagi dari penerbit haru yang paling berkesan?
So, I Married the Anti Fan. Kenapa? Karena novel itu novel pertama yang aku punya dari Penerbit Haru. Cerita dari seorang wartawan urakan yang akhirnya berakhir happy ending dengan artis top. Karena novel inilah, aku ketagihan sama novel-novel terbitan Haru. Ini recomended.

Unknown mengatakan...

Nama:Femmy Adis Riana
Twitter: @femmyadiis
Domisili :Bogor


Pertama-tama aku mau ngucapin selamat ulang tahun buat penerbit haru. Semoga selalu sukses, maju, dan makin sering menerbitkan buku-buku keren karya anak bangsa.




Jujur aku belum pernah baca novel dari penerbit Haru, tapi dari novel novel yang aku liat di Instagram, semua novelnya bagus semua apalagi setelah melihat review yang selalu mendapatkan progress yang positif. Aku berharap buku puzzle of lies adalah buku pertamaku dari penerbit Haru. Genre novel ini juga cocok dengan selera novelku. Dan aku berharap, aku juga bisa mereview buku ini di Instagram :)

Kitty mengatakan...

Nama : Kitty
Twitter : @WoMomFey
Domisili : Jakarta

Sejauh ini aku belum pernah baca K-Iyagi satu pun! T__T Baru sempat baca K-Toon Cat and Dog dan itupun bikin aku kesengsem berat! Jadi, jika nanti aku berhasil memenangkan giveaway ini, Puzzle of Lies akan jadi K-Iyagi pertamaku! Yippie!

Aku suka dengan novel bertema keluarga dan misteri, jadi Puzzle of Lies yang memiliki perpaduan keduanya akan jadi bacaan yang tepat untukku. Selain itu, nampaknya kisahnya cukup unik dan punya twist serta plot yang mengejutkan. Hmmm... aku suka deh baca novel yang bikin aku menebak-nebak sepanjang membaca. Seperti sedang ditantang untuk memecahkan sebuah kasus rumit! >.<

해피 6 생일, Penerbit Haru! 저자 아시아와 다양한 흥미로운 장르의 좋은 책을 지속적으로 출판하기를 희망합니다!

Najwa Fadhilatunnisa mengatakan...

Nama: Najwa Fadhilatunnisa
Twitter: @najwafadh
Domisili: Bandung

Pertama, selamat ulang tahun buat Penerbit Haru ke-6! Walaupun aku baru kenal sama kalian 3 bulan yang lalu, tapi kulihat novel-novel yang kalian keluarkan itu kualitasnya oke bgt 😍 Sukses terus yaa Haru, ayo tebar Haru Syndrome ke seluruh penjuru Indonesia!
Dan btw, Kak Sharie juga ultah tuh? Yang dicoret tulisannya? Haha. Kalau beneran, aku juga ngucapin selamat ulang tahun Kak Sharie, barakallah, semoga semakin semangat me-review buku!

Huhu aku sama sekali belum pernah baca K-Iyagi dari Penerbit Haru.
Jadi, yang aku harapkan dari Puzzle of Lies ini adalah semoga bisa menjadi K-Iyagi pertamaku dan lebih mengenal tulisan ala penulis Korea-nya sendiri gimana. Novel Kim Eun Jeong kan pernah diangkat ke film yang sama Chanyeol itu aaaa!
Dari segi cerita aja, aku udah excited banget! Genre family-drama dibalut romance itu selalu keren di mataku. Karena disitu akan mengajarkan tentang peran keluarga sendiri dalam kehidupan kita apa. Karena cinta, nggak melulu bicara tentang cinta lawan jenis.
Apalagi Puzzle of Lies. Aku udah pernah memasukkan novel ini dalam wishlist, cuman belum kesampaian haha😂
Aku berharap, setelah membaca Puzzle of Lies, banyak hikmah yang bisa aku ambil. Terutama tentang kekeluargaan dan rasa sayang. Selain itu, barangkali bisa juga menjadi inspirasiku dalam menulis.

Insan Gumelar Ciptaning Gusti mengatakan...

Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
Twitter: @san_fairydevil
Domisili: Surakarta

Novel K-Iyagi yang aku punya baru satu hehehe :D Si Biru manis, Tell Me Your Wish. Karena baru satu novel K-Iyagi yang aku baca, makanya aku akan nulis kesanku waktu dapatin soalnya kalo kesan waktu baca belum bisa, belum ada tandingannya.
Kesannya penuh perjuangan. Soalnya itu waktu baru-baru terbit, dapet melalui acara blogtour kayak gini juga. Yang ternyata hadiahnya di kirim oleh kenalanku waktu ikut lomba di kotaku yang lama. Aku bukan penyuka korea, jadi jujur aku enggak baca punya buku-buku yang ditulis oleh orang korea ataupun yang bernuansa dan berlatarkan Korea, jadi waktu dapet novel K-Iyagi berasa senenglah. Belajar sedikit tentang Korea dari media cerita.

Selamat ulang tahun haru. Maaf enggak bisa ngucapin dengan kata-kata yang bagus. Pokoknya semoga haru grup semakin sukses. Semoga juga suatu saat nanti, aku bisa jadi bagian dari Haru Grup. :)
Amin.

Unknown mengatakan...

Nama : Putri Natalia
Twitter : @poetstories
Domisili : Jakarta
Aku adalah penggemar buku buku penerbit Haru awal aku mengenal KIyagi adalah saat aku membaca KIyagi yang berjudul After D-100 sebuah kisah yg menceritakan tentang kesempatan kedua. Buku ini akhirnya membawaku kepencarian Novel novel KIyagi lainnya yang akhirnya membuatku membaca hampir semua KIyagi yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Haru alasan aku suka adalah tiap KIyagi memiliki keunikan cerita namun punya satu kesamaan yaitu tiap cerita memberikan kebahagian setiap selesai membacanya dan kerennya belakangan ini KIyagi yang diterjemahkan adalah buku-buku yang blm lama terbit di Korea. Semoga makin kesini KIyagi Penerbit Haru makin bertambah keren. Happy... Happy...Happy... Bi6 Birthday Penerbit Haru... Saengil chukhae.. Uri Penerbit Haru.. ^^

Wening mengatakan...

Nama : Wening Purbawati
Twitter : @dabelyuphi
Domisili : Ambarawa

Sejauh ini novel K-Iyagi yang paling berkesan buatku itu I'll be Your Wife karya Jho Hyo Eun. Premisnya sendiri sederhana, tentang dua orang wanita yang jiwanya tertukar setelah lolos dari kematian. Tapi ceritanya menarik dan berbeda. Banyak adegan yang sukses bikin perasaan seperti naik roller coaster, dari yang bikin ngakak guling-guling baca tingkah konyol tokoh utamanya, sampai bikin banjir air mata sama perjuangan tokoh-tokoh di dalamnya.

Happy 6igger than ever Penerbit Haru, semoga makin banyak menerbitkan buku-buku dari Asia yang menghibur dan menginspirasi pembacanya 🎉🎉🎉

Unknown mengatakan...

Nama: Rina Fitri
Twitter: @Rinafiitri
Domisili: Banda Aceh

Saengil chukkahamnida...
Saengil chukkahamnida...
Uri saranghaneun Haru...
Saengil chukkahamnida...
Yayyy selamat ulang tahun penerbit Haru, semoga semakin jaya, semakin produktif dalam melahirkan novel2 yang semakin menarik pastinya. Aniway udah ada beberapa novel terbitan Haru yang aku baca, ada Seoulmate, Seoulmate is you, Khokkiri (gajah) karya kak Lia Andriana, dan The Chronicles of Audy: 4R karyanya kak Orizuka. Kalo yang K-Iyagi ada Cheeky Romance, 4 ways to get wife, dan So I Married the Antifan. Nah yang paling berkesan buat aku itu adalah Cheeky Romance. Aku udah agak lupa sih alurnya gimana, tapi yang aku ingat ceritanya itu tentang reporter cewek sama dokter kandungan cowok. Interaksi mereka banyak kocaknya dan terakhir mereka nikah deh kalo gk salah. Terus si ceweknya kalo aku gk salah inget ada masalah gitu sama kandungannya. Aku paling inget banget baca novel ini pas lagi ikut upacara Hari Pramuka (jangan ditiru), jadi pas orang lagi khusyu upacara, aku malah baca novel di barisan. Aku harus buru-buru tamatin novel itu soalnya, abis novelnya punya rental (maklum masih bocah kelas 1 SMA belum sanggup beli novel), trus lumayan tebel lagi, alhasil pas lagi upacara pun tetep aku baca hehe

Unknown mengatakan...

Nama: Rinita
Akun twitter: @Rinitavyy
domisili: jatim

Kalau buku K-Iyagi (Korea) yg pernah di terbitin oleh penerbit haru sih belum pernah. (an berharap Puzzle of Lies karya Kim Eun Jeong ini menjadi K-Iyagi pertamaku)
Tetapi kalau dari buku terjemahan dari Thailand (You Arr My Moon), Philipina (The Bet) (A&D) dan penulis Indonesia (orizuka)(lia)(andi) sendiri sudah pernah.

Rizki mengatakan...

Nama: Rizki Fitriani
twitter: @Kikii_Rye
domisili: Sidoarjo

karena aku belum baca buku K-Iyagi Penerbit Haru maka aku gakbisa ngasih rekomendasi buat kakak:( *poorme
yg aku harapkan dari Puzzle of Lies adalah pesan yg ingin disampaikan sama penulisnya bisa aku aplikasikan ke kehidupan sehari hari. dan semoga saja bisa menjadi novel Penerbit Haru K-Iyagi pertama yg aku punya:D balutan romanve dlam genre Family-drama sukses bikin aku pengen baca ini novel, terlebih dg cover yg cantik dan kisah yg tak melulu soa cinta. berharapnya sih semoga karakter di novel ini tidak mengecewakan.

hmm.. selamat ulang tahun buat Haru yg keenam. aduh udah gede aja:D semoga semakin banyak buku yg di terbitkan dan terus menyebarkan Haru Syndrom hingga ke pelosok nusantara.

[Review & Giveaway] Blogtour The Boy Who Bought Me Breakfast During The Whole Year - Ikumisa

Judul: The Boy Who Bought Me Breakfasy During The Whole Year Penulis: Ikumisa Penerbit: Haru Terbit: Februari 2019 Tebal: 356 ISBN: ...