Selamat Datang di Notebook Sharie

Jumat, 14 April 2017

[Let's Talk] Incomplete Book Series


Hallo readers,

Tidak terasa ya rangkaian #BBIHUT6Marathon sudah akan berakhir. Buat yang belum membaca postinganku sebelumnya, bisa baca di sini. Mungkin ini adalah postingan terakhirku untuk merayakan #BBIHUT6 (karna aku masih galau nih mau bikin giveaway HOP apa enggak). 

Tema All About Books: Tentang Koleksi Pribadi

Kali ini aku mau membuat sebuah pengakuan dosa (bahasanya lebay banget ya. Hehe..). Aku mau membeberkan beberapa koleksi buku seriku yang tidak lengkap (incomplete book series). Aku memang termasuk orang yang tidak begitu suka book series. Kenapa? Karena menurutku buku-buku berseri itu rawan dari ketidakpastian (aku paling nggak suka di-php). Ketidakpastian cerita, mau dibawa kemana cerita kita (eh malah nyanyi), sampai ketidakpastian kapan buku selanjutnya terbit. Bahkan ada salah satu seri buku bergenre teenlit yang salah satu bukunya diterbitkan dalam jangka waktu bertahun-tahun, dan setelah terbit masih juga digantung alias belum kelar. Aku sih nggak bisa digituin. *baper*

Selain menguras hati dan emosi, book series juga bisa sangat menguras isi dompet. Terlebih apabila seri buku tersebut ditulis oleh penulis dari luar negeri atau terjemahan, yang harganya bisa mencekik. Apalagi bila seri bukunya melegenda, seperti Harry Potter (sekarang baru terbit edisi cover barunya). Bikin mupeng dan menambah wishlist. Selain itu, kadang ada juga buku berseri dari luar negeri yang berhenti diterbitkan di Indonesia di tengah-tengah buku seri tersebut alias tidak sampai tuntas. Ini yang bikin sebel banget. 

Dari semua alasan di atas, memang harus aku akui bahwa buku berseri itu ceritanya seru-seru. Jadi, tak heran banyak yang dengan senang hati menunggu buku-buku selanjutnya. Tak jarang pula dari buku berseri tersebut mempunyai komunitasnya masing-masing. Aku juga termasuk yang sering jadi fangirl dari tokoh di buku berseri, walaupun masih belum bisa konsisten untuk mengumpulkan semua buku serinya. Berikut buku seri milikku yang "bolong-bolong".

Cormoran Strike Series
Penggemar Harry Potter pasti mengenal penulis buku seri ini. Yup, Robert Galbraith adalah pseudonym dari J.K. Rowling. Buku seri ini baru diterbitkan tiga buku, dan di Indonesia terakhir dilaunching pada bulan April tahun lalu. Dari ketiganya, aku hanya memiliki dua buku yaitu buku #2 & #3, dan kedua-duanya kudapat secara gratis (satu-satunya book series yang tidak aku beli). Lho kok bisa? Bisalah, karena aku mendapatkan kedua buku ini saat menghadiri acara launchingnya di Jakarta (dengan mengantri tentunya. Haha..). Lalu kenapa aku tidak beli buku seri Comoran Strike #1? Harganya cukup mahal dan di Scoop ada, jadi aku malas untuk membelinya (aku kan senang gratisan). Kecuali nanti bila J.K. Rowling datang ke Indonesia. Baru deh aku melengkapi koleksinya. Haha.. Aku tidak tahu seri ini akan sampai buku keberapa. Tapi bila diintip di akun Goodreadsnya, Robert Galbraith sedang menulis untuk bukunya yang keempat, judulnya Lethal White. Tidak tahu kapan diterbitkan di Indonesia. Yang pasti aku akan senang hati bila ada gratisannya lagi. Ups! Hidup gratisan!


Seri Bumi
Koleksi book series milikku yang tidak lengkap selanjutnya adalah seri bumi-nya Tere Liye. Sejujurnya, aku baru mengetahui dan membeli seri buku ini saat akan menghadiri roadshow buku #3 bulan Juli tahun lalu. Kuakui aku memang baru dua tahun belakang ini membuka genre bacaanku, yang sebelumnya hanya terfokus oleh buku Agatha Christie saja. Jadi, tak heran bila aku banyak ketinggalan buku-buku bagus yang selama ini meramaikan dunia perbukuan. Oke, kembali ke seri bumi ini. Seri ini minus buku yang kedua yaitu Bulan. Sebenarnya saat mau menghadiri launching buku Matahari, aku memang ingin mempunyai ketiganya, namun saat itu di toko bukunya stok buku keduanya ini kosong (karna sedang peralihan dari cover lama ke cover baru mengikuti ilustrasi dari cover Matahari). Tenang, aku sudah membacanya kok (di aplikasi Ijak. Hehe..) Jadi, aku tidak bolong mengikuti kisah Raib, Seli dan Ali ini. Sekarang aku sedang menunggu-nunggu kapan buku Bintang (penutup seri Bumi ini) terbit. Dan aku memang berminat untuk melengkapi seri bergenre sci-fic ini.

Kinsey Millhone Series
Aku benar-benar ketinggalan seri abjadnya Sue Grafton. Dulu aku membelinya saat masih kuliah, namun beberapa kali ke toko buku untuk mencari buku lanjutannya selalu saja tidak ada. Terakhir, aku mengetahui bahwa memang penerbitnya berhenti menerbitkan seri detektif perempuan ini. Padahal seri ini sampai huruf X (#24)


Shopaholic Series



Buku seri karya Sophie Kinsella ini merupakan satu-satunya buku milkku yang genrenya keluar dari genre favoritku (bisa dilihat dari cover-nya yang jadul dan sudah lecek. Hehe...) Dari 8 buku dari seri Shopaholic ini aku hanya memiliki dua buku saja yaitu Shopaholic #2 dan Shopaholic #5


Gallagher Girls Series
Pernahkah kamu membeli buku karena melihat cover-nya yang menarik? Yup, itulah alasanku membeli buku seri ini. Aku membelinya saat penerbitnya menerbitkan kembali seri Gallagher Girls ini dengan cover barunya. Sampai bingung saat membelinya, pengen semua bukunya, covernya lucu banget. Tapi, akhirnya aku memutuskan hanya membeli yang #1 dan #4 saja. Biar tahu awal dan akhirnya saja (waktu itu baru terbit sampai buku #4 saja, sekarang keenam bukunya sudah terbit dengan kaver baru). 


Around the World with Love Series

Around the World with Love Series
 ini adalah seri dari penerbit GPU yang bergenre romance dan bersetting di kota-kota di berbagai negara. Penulis seri ini ada empat, dan sekarang sudah sampai ke batch ketiga (ada 12 judul buku). Semua buku dari seri ini tidak bersambung kecuali Love in Marrakech dan Love in Blue City karya Irene Dyah.

Yummylit Series
Seri dari Bentang Pustaka ini memang tidak bersambung (stand alone book) dan ditulis oleh beberapa penulis. Cerita yang ada di buku-buku yang masuk ke dalam Yummylit series ini adalah yang berhubungan dengan dunia kuliner. Aku hanya memiliki dua buku saja dari seri ini, dan salah satunya yaitu Heartwarming Chocolate karya Prisca Primasari aku peroleh dari kado ultahku. 





Cuma punya satu buku dari serinya, kenapa tidak?
Sebenarnya sih agak malu memamerkan buku-buku di atas, soalnya aku cuma memiliki satu buku saja (sampai hari ini) dari seri bukunya. xixi... Ada yang karena buku sebelumnya sudah pernah aku baca di aplikasi ebook, ada juga yang karena aku sudah menonton film-filmnya yang diadaptasi dari buku-buku seri tersebut, dan ada pula karna hanya judulnya saja (buku "Roma"). 

Nah, bagaimana denganmu? Apakah kamu penyuka book series atau stand alone book? Jika berseri, buku seri apa saja yang kamu miliki? Apakah lengkap atau seperti diriku yang "bolong-bolong"? Sharing yuk!








3 komentar:

Dah mengatakan...

Kalo serinya ga nyambung sih, ga masalah ga lengkap. Kalo serinya nyambung itu baru hikshikshis banget :(

Frida Kurniawati mengatakan...

Aku punya beberapa seri yang nggak lengkap. Hush, Hush; Shiver; itu aku cuma punya buku pertamanya. Divergent aku cuma punya buku pertama dan kedua karena yg ketiga aku baca e-book >,<
Jujur, aku lebih memilih stand alone atau seri tapi yang nggak terlalu nyambung sama sebelumnya. Paling males kalau ada seri yang awalnya direncanain berapa buku, tapi tiba-tiba nongol lanjutan baru. Kan kampret #eh

bintang permata mengatakan...

Seri Bumi nya ayo dilengkapin dong Kak Sari. Aku uda lengkap lo, kaver baru semua, hmmm *ini niatnya pamer* whahahahaha

Wrap Up: IRRC 2017

Halo, Aku mau wrap up nih bacaanku di IRRC 2017 sampai hari ini. Belum semua review yang aku buat di blog, banyakan yang sempat aku re...